MAKALAH
MEDIA
PEMBELAJARAN
Di
Susun Oleh:
Nama :
1.Riowansyah
2.Sukma
Andika
3.Yuyun Yulian
4.Nurlaili
Armi
Kelompok :
VII (Tujuh)
Dosen Pembim : Drs,Syarkati,Mpd.
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU KEPENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH BENGKULU
2014
KATA
PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT, atas
nikmat yang telah diberikan baik berupa
nikmat kesehatan ataupun nikmat kesempatan sehingga penulisan makalah ini dapat
diselesaikan.
Shalawat bagi Nabi Muhammad SAW yang telah meletakkan
peradaban kemanusiaan yang diridhoi
Allah SWT.
Penulis tahu, bahwa dalam penulisan
makalah ini masih banyak terdapat
kekurangan dari sisi isi pembahasan, penulisan kalimat dan sebagainya, beranjak
dari kesadaran itu penulis mengharapkan
saran dan kritik yang bersifat
konstruktif sebagai penambahan pengetahuan bagi penulis dalam menyusun
makalah di lain waktu.
Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada dosen mata kuliah
ini yang telah
memberikan ilmunya serta
bimbingannya kepada kami sehingga makalah ini dapat diselesaikan dengan baik dan Pada
teman-teman yang turut memberikan sumbangsih pikiran serta tenaga dalam
penyusunan makalah ini.
Penulis juga tak lupa untuk meminta maaf yang sebesar-besarnya jika
dalam pembuatan makalah ini ada pihak/badan yang merasa dirugikan,karena
semuanya hanya kebetulan saja.
DAFTAR ISI
Kata
Pengantar............................................................................................................................ii
Daftar Isi.....................................................................................................................................iii
BAB I.
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Masalah.......................................................................................................1
B. Rumusan
Masalah.................................................................................................................3
C. Tujuan
..................................................................................................................................3
BAB II.
PEMBAHASAN
A. Pengertian Media Pembelajaran Dan Sumber Belajar.........................................................4
1. Media belajar
.................................................................................................................4
2. Sumber
Belajar...............................................................................................................5
B.
Fungsi Media
Pembelajaran..................................................................................................6
C.
Peranan
Media Dan Sumber Belajar.....................................................................................7
1. Peranan Media Pembelajaran.........................................................................................7
2. Peranan Sumber Belajar.................................................................................................8
D.
Manfaat
Media Pembelajaran...............................................................................................8
BAB III. PENUTUP
A.
Kesimpulan.........................................................................................................................10
B.
Saran...................................................................................................................................11
DAFTRA PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Dalam
suatu proses belajar mengajar, dua unsur yang sangat penting adalah metode
mengajar dan media pembelajaran. Kedua aspek ini saling berkaitan. Pemilihan
salah satu metode mengajar tertentu akan mempengaruhi jenis media pembelajaran
yang sesuai, meskipun masih ada berbagai aspek lain yang harus diperhatikan
dalam memili media pembelajaran, antara lain tujuan pembelajaran, jenis tugas
dan respons yang diharapkan siswa jyasau
setekag oenbekaharab berkabgsybgm dab jibtejs oenbekaharab ternasuk
karakteristik siswa. Meskipun demikian, dapat dikatakan bahwa salah satu fungsi
utama media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut
mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan
oleh guru.
Sebagai salah satu
komponen pembelajaran, media tidak bisa luput dari pembahasan sistem
pembelajaran secara menyeluruh. Pemanfaatan media
seharusnya merupakan bagian yang harus mendapat perhatian guru dalam setiap
kegiatan pembelajaran. Namun kenyataanya bagian inilah yang masih sering
terabaikan dengan berbagai alasan. Alasan yang sering muncul antara lain:
terbatasnya waktu untuk membuat persiapan mengajar, sulit mencari media yang
tepat, tidak tersedianya biaya, dll.
B. Rumusan Masalah
1. Menjelaskan pengertian
media pembelajaran, sumber belajar.
2. Menjelaskan fungsi, media dalam pembelajaran.
3. Menjelaskan peranan media dan sumber
belajar.
4. Menjelaskan manfaat dari media
pembelajaran.
C. Tujuan
1. Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan media
belajar dan sumber belajar.
2. Untuk mengetahui
peran dan fungsi apa saja yang
diperlukan dalam media pembelajaran,
3. Untuk mengetahui manfaat dari media pembelajaran.
1
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Media Pembelajaran Dan
Sember Belajar
1. Media Pembelajaran
Media berasal
dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari medium secara harafiah berarti
perantara atau pengantar. Banyak batasan yang diberikan tentang
pengertian media. Asosiasi Teknologi dan Komunikasi Pendidikan (Association
Of Education and Communication Technology/ AECT) sebagaimana dikutip Arief
S. Sadiman (2006: 6) membatasi media sebagai segala bentuk dan saluran yang
digunakan untuk menyalurkan pesan atau informasi. Ahmad Rohani (1997: 3)
mendefinisikan media sebagai segala sesuatu yang dapat diindra yang berfungsi
sebagai perantara/sarana/alat untuk proses komunikasi (proses
belajar-mengajar). Pengertian serupa diungkapkan Arief S. Sadiman (2006: 7)
yang menyatakan media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk
menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran,
perasaan, perhatian dan minat siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar
terjadi. Sementara Smaldino, et.al (2005:5) menyatakan media sebagai sarana
komunikasi dan sumber informasi.
Untuk
memahami pengertian media pembelajaran lebih lanjut, mari kita simak pendapat
dari beberapa ahli lainnya, Gagne dalam Yusufhadi Miarso (2007: 457) menyatakan
bahwa media pembelajaran adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan
siswa/mahasiswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar. Briggs dalam
Yusufhadi Miarso (2007: 457) menyatakan bahwa media pembelajaran adalah sarana
untuk memberikan perangsang bagi siswa supaya proses belajar terjadi. Media
pendidikan/pembelajaran berkembang sejalan dengan perkembangan ilmu dan
teknologi. Perkembangan dari media visual, audio visual, televisi,
komputer hingga teknologi modern lainnya.
2. Sumber Belajar
Saudara mahasiswa yang berbahagia,
dalam usaha meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil pembelajaran,
guru tidak boleh melupakan satu hal yang sudah pasti kebenarannya yaitu bahwa
peserta didik atau siswa harus diupayakan untuk banyak berinteraksi dengan
sumber belajar. Tanpa sumber belajar yang memadai sulit diwujudkan proses
pembelajaran yang mengarah kepada tercapainya hasil belajar yang optimal. Namun
demikian sebelum kita membahas topik ini lebih lanjut perlu diketahui, apa
sebenarnya sumber belajar itu?, mengapa hal ini penting dibahas, karena dalam
banyak kesempatan sering dijumpai bahwa seseorang memaknai sumber belajar hanya
guru dan buku.
AECT (1977) mengartikan sumber
belajar sebagai semua sumber (data, manusia, dan barang) yang dapat dipakai
oleh pelajar sebagai suatu sumber tersendiri atau dalam kombinasi untuk
memperlancar belajar. Dalam hal ini sumber belajar meliputi pesan, orang,
material, alat, teknik, dan lingkungan. Sumber belajar bahkan berubah menjadi
komponen sistem instruksional apabila sumber belajar itu diatur sebelumnya (prestructured),
didesain dan dipilih lalu dikombinasikan menjadi suatu sistem instruksional
yang lengkap sehingga berdampak pada pembelajaran yang bertujuan dan
terkontrol.
B. Fungsi Media Pembelajaran
Menurut Latuheru (1988), fungsi utama dari media pembelajaran adalah untuk
meningkatkan interaksi antara guru dan murid. Sejalan dengan Latuheru, Brown,
Lewis dan Harcleroad (1983), menyatakan bahwa media pembelajaran berperan
semakin penting untuk memungkinkan siswa mencapai manfaat dari belajar secara
individual.
Secara rinci Sadiman (1990) menyatakan bahwa fungsi media pembelajaran
adalah sebagai berikut :
1. Dengan
menggunakan media pembelajaran pesan yang akan dikomunikasikan menjadi jelas
dan dapat dipahami.
2. Digunakan untuk mengatasi keterbatasan indra,
ruang dan waktu.
3. Dapat
meningkatkan motivasi siswa dalam kegiatan belajar
4. Memungkinkan
interaksi langsung antara murid dengan lingkungan dan realita belajar.
5. Dapat memberikan rangsangan dan pengalaman
belajar yang sama dan membangkitkan persepsi yang sama pula walau ada perbedaan
pada setiap individu siswa.
C. Peranan Media Dan Sumber Belajar
1. Peranan media pembelajaran
Ada beberapa peranan media
pembelajaran menurut Ahmad Rohani (1997), diantaranya adalah:
a. Media
pembelajaran mengatasi perbedaan pengalaman pribadi peserta didik.
b. Media pembelajaran mengatasi batas-batas ruang
kelas.
c. Mengamati
benda yang terlalu kecil.
d. Mengamati
benda yang bergerak terlalu cepat atau terlalu lambat.
e. Mengamati
suara yang halus untuk didengar.
f.
Mengamati peristiwa-peristiwa alam.
g.
Media pembelajaran berperan membangkitkan
minat belajar yang baru.
Dari paparan di atas dapat diketahui
bahwa media pembelajaran berperan untuk membantu mewujudkan tujuan
pembelajaran. Media pembelajaran dapat mengatasi permasalahan-permasalahan yang
menyangkut pembelajaran. Hal ini sejalan dengan pernyataan Nana Sudjana (2005)
bahwa media pembelajaran berperan untuk mengatasi kesulitan proses
pembelajaran.
2. Peranan Sumber Belajar
Sama halnya seperti media
pembelajaran, sumber belajar juga memiliki peranan, diantaranya adalah sebagai
berikut:
a. Menjembatani anak atau siswa dalam
memperoleh pengetahuan (belajar).
b. Mentransmisi rangsangan atau informasi kepada
anak atau siswa (ungkapan transmisi dalam konteks ini mempunyai dimensi banyak
dan dapat dikaitkan dengan pertanyaan-pertanyaan “apa, siapa, di mana, dan
bagaimana”; pertanyaan-pertanyaan ini amat berguna sebagai alat bantu
mengorganisasi dimensi sumber belajar.
D. Manfaat Media Dalam Pembelajaran
Secara umum manfaat media dalam
pembelajaran adalah memperlancar interaksi guru dan siswa, dengan maksud untuk
membantu siswa belajar secara optimal. Namun demikian, secara khusus manfaat
media pembelajaran seperti dikemukakan oleh Kemp dan Dayton (1985), yaitu:
1. Penyampaian materi pembelajaran
dapat diseragamkan.
2. Guru mungkin mempunyai penafsiran
yang beraneka ragam tentang sesuatu hal. Melalui media, penafsiran yang
beraneka ini dapat direduksi, sehingga materi tersampaikan secara seragam.
3. Proses pembelajaran menjadi lebih
menarik.
4. Media dapat menyampaikan informasi
yang dapat didengar (audio) dan dapat dilihat (visual), sehingga dapat
mendeskripsikan prinsip, konsep, proses maupun prosedur yang bersifat abstrak
dan tidak lengkap menjadi lebih jelas dan lengkap.
5. Proses pembelajaran menjadi lebih
interaktif.
6. Jika dipilih dan dirancang dengan
benar, maka media dapat membantu guru dan siswa melakukan komunikasi dua arah
secara aktif. Tanpa media, guru mungkin akan cenderung berbicara “satu arah”
kepada siswa.
7. Jumlah waktu belajar dapat
dikurangi.
8. Seringkali terjadi, para guru banyak
menghabiskan waktu untuk menjelaskan materi ajar. Padahal waktu yang dihabiskan
tidak perlu sebanyak itu, jika mereka memanfaatkan media dengan baik.
9. Kualitas belajar siswa dapat lebih
ditingkatkan.
10. Penggunaan media tidak hanya membuat
proses pembelajaran lebih efesien, tetapi juga membanu siswa menyerap materi
ajar secara lebih mendalam dan utuh.
11. Proses pembelajaran dapat terjadi
dimana saja dan kapan saja.
12. Media pembelajaran dapat dirancang sedemikian
rupa sehingga siswa dapat belajar di mana saja dan kapan saja mereka mau, tanpa
bergantung pada keberadaan guru.
13. Sikap positif siswa terhadap proses
belajar dapat ditingkatkan.
BAB III
KESIMPULAN
A. Kesimpulan
1.
Media
pendidikan yang dipergunakan dalam rangka komunikasi dan interaksi pendidik dan
peserta didik dalam proses pembelajaran dapat dikatakan sebagai media
pembelajaran. Media pembelajaran secara khusus dipergunakan dalam proses
pembelajaran untuk mencapai tujuan atau kompetensi tertentu yang dirumuskan.
2.
Sumber
belajar sebagai semua sumber (data, manusia, dan barang) yang dapat dipakai
oleh pelajar sebagai suatu sumber tersendiri atau dalam kombinasi untuk
memperlancar belajar dan meliputi pesan, orang, material, alat, teknik, dan
lingkungan.
3.
Peran media
dalam pembelajaran sangat signifikan, karena media pembelajaran merupakan suatu
bagian integral dari keseluruhan proses pendidikan dalam semua program dan
jenjang. Kualitas outpot dari sebuah sekolah termasuk media sebai salah satu
unsur yang menentukan, Karenanya seorang guru profesional tidak hanya dituntut
untuk menguasai materi pembelajaran yang akan disampaikan kepada anak didiknya,
akan tetapi juga harus mampu memanfaatkan mengembangkan media pembelajaran,
agar pencapaian prestasi belajar akan sesuai dengan standar kompetensi,
kompetensi dasar dan indikator yang harus dicapai.
B. Saran
Dengan adanya makalah ini dapat
membantu kita sebagai calon guru harus memperhatikan dan melaksanakan tugas
sebagai seorang guru dengan peran dan tanggungjawab yang sudah diberikan kepada
kita.
DAFTAR PUSTAKA
Arsyad,
Azhar, 1997 .Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Gerlach,
Ely, Donald.1980. Teaching and Media: A Systematic Approach. (2nd ed.) Prentice- Hall, Inc:New Jersey
Heinich, R.,
Molenda, M., and Russel,J.1985. Instructional Media and the New Technologies
of Instruction.John Wikkey & Sons, Inc.Ottawa.
Kasbollah,K.1993.
Strategi Belajar Mengajar Bahasa Inggris I (Teaching Learning Strategi.),
Malang: IKIP MALANG
Latuheru,D.J.1988.
Media pembelejaran dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Depdikbud Dirjen Dikti, Proyek
Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga kependidikan.
Rohan,
Ahmad,1997.Media Instructional Educatif, , Jakarta: Rineka Cipta
Rosyidah,Asmawatie,
2002. Developing Listening Materials for Teaching English at MAN Malang I unpublished
Thesis, Graduate Program in English Education, State University of Malang:Malang
Sudjana dan Riva’i,1989. Media Pengajaran,Bandung:
Sinar baru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar